logo-pkp
Apa itu PKP?

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Masuk SIMPKP
Kumpulan Video
Pola Pembelajaran Program PKP
Mekanisme PKP
Buka Browser
Login
Masukkan username dan password terdaftar
Dashboard
Periksa informasi data di dashboard
LMS PKP
Masuk ke menu halaman
LMS PKP
Unit Pembelajaran

Unit Pembelajaran adalah bahan atau sumber belajar bagi Guru yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis Kompetensi Dasar (KD) sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018, dikaitkan dengan hasil Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Pengembangan Unit Pembelajaran diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi guru terkait pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS).

Selengkapnya
Bahan dan Perangkat
Program PKP

Apa saja saja bahan dan perangkat yang disediakan oleh program PKP?

Silahkan klik tombol 'selengkapnya' untuk dapat mengunduh semua bahan dan perangkat yang kami sediakan.

Selengkapnya
Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP
Bagi Guru Inti dan Guru Sasaran

Pedoman dan Petunjuk Teknis pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi merupakan panduan bagi penyelenggara atau pihak terkait dalam melaksanakan Program PKP.

Kemudian, terkait dengan Kelas Pendampingan Online yang disediakan sebagai sistem pendukung dalam proses pembelajaran dan pelaporan pada Program PKP Berbasis Zonasi, pengguna dibekali dengan Buku Manual Kelas Pendampingan Online agar dapat mengoperasikan, menerapkan serta memanfaatkannya dengan baik.

Selengkapnya dapat diunduh dalam tautan dibawah ini.

Selengkapnya
FAQ
Pertanyaan yang sering diajukan.

Akun yang digunakan untuk masuk ke Kelas Pendampingan Online adalah akun SIMPKB.

Kelas Pendampingan Online adalah sistem pembelajaran yang memuat materi yang digunakan dalam Program PKP Berbasis Zonasi dan telah dikembangkan sesuai dengan lingkungan pembelajaran online. Kelas ini sebagai sistem pendukung pembelajaran bagi guru sasaran khususnya, dan bagi guru inti pada umumnya. Kelas Pendampingan Online juga digunakan sebagai wadah atau tempat bagi guru sasaran untuk mengirimkan Tagihannya (e-portfolio), dan bagi inti untuk mengirimkan laporan fasilitasi (akademis dan administratif).

Guru Sasaran yang mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi mengirimkan semua Tagihannya ke fitur e-portfolio yang terdapat pada bagian Laporan di Kelas Pendampingan Online.

Guru Inti yang bertugas pada Program PKP Berbasis Zonasi mengirimkan semua laporan (akademis dan administratif) ke fitur Assignment (Laporan) yang terdapat pada bagian Laporan di Kelas Pendampingan Online.

Unit Pembelajaran yang akan dipelajari pada Program PKP Berbasis Zonasi ditentukan berdasarkan hasil identifikasi unit yang akan dipelajari oleh siswa pada semester berjalan ketika mengikuti Program PKP, kemudian dilanjutkan dengan analisis nilai UN/USBN/US atau analisis hasil pencapaian siswa selama 3 tahun terakhir di wilayah/kab./kota tempat guru bertugas. Unit Pembelajaran yang akan dipelajari juga harus sesuai dengan jadwal mengajar GS pada saat akan melakukan riil teaching pada kegiatan On-2 dan On-3.

Guru inti yang bertugas pada Program PKP Berbasis Zonasi dapat mengunduh semua format laporan pada fitur Assignment (Laporan) yang terdapat pada bagian Laporan di Kelas Pendampingan Online.

Guru inti yang bertugas pada Program PKP Berbasis Zonasi memasukkan semua penilaian GS ke SIMPKB pada menu Penilaian yang terdapat pada dashboard SIMPKB.
Kontak Kami


Kontak PKP
Gedung D Kemendikbud Lantai 11
Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta, 10270
bagren.gtk@kemdikbud.go.id

Facebook: Ditjen GTK Kemdikbud RI
Instagram: @ditjen.gtk.kemdikbud
Twitter: @gtk_kemdikbud
Youtube: Ditjen GTK Kemdikbud RI
Kontak Rumah Belajar
GD.Pustekkom - Kemdikbud
Jalan R.E Martadinata KM.15.5, Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan
rumahbelajar@kemdikbud.go.id

Facebook: Pustekkom Kembdikbud
Instagram: pustekkom_kemdikbud
Twitter: @pustekkom