Pendahuluan

Kuis


Referensi

 

Pendahuluan

 

Gambar 1. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia

 

Halo teman-teman di seluruh Indonesia, apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu gembira, kita berjumpa lagi dalam modul online. Dalam modul online kali ini kita akan membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia dari tahap pra kelahiran sampai pasca kelahiran (dari bayi sampai tua). Modul ini terdiri dari 2 kegiatan belajar, yaitu: kegiatan belajar 1 berisi tentang konsep fertilisasi, tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia pada trisemester pertama, kedua, dan ketiga. Kegiatan belajar 2 berisi tentang ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan manusia pada masa bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan tua. Materi akan diperjelas dengan animasi, dan gambar-gambar yang memperlihatkan pertumbuhan dan perkembangan manusia mulai dari embrio, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan tua dengan memperlihatkan ciri khusus pada masing-masing tahapan.

 

Semasa hidupnya, semua makhluk hidup mengalami serangkaian proses-proses tertentu untuk menopang kehidupannya. Proses-proses tersebut menunjukkan ciri-ciri tertentu dari makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati. Beberapa proses yang menunjukkan ciri kehidupan antara lain: tumbuh, berkembang, bergerak, mencerna makanan, bernapas, dan mengedarkan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh.

 

Salah satu proses yang menunjukkan ciri kehidupan adalah pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (irreversibel), meliputi pertambahan volume, dan pertambahan massa. Selain disebabkan pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi karena pertambahan jumlah sel. Pertumbuhan manusia berhubungan dengan pertambahan jumlah sel, dan ukuran sel tubuh. Misalnya, ketika baru lahir massa tubuhmu ± 3 kg, pada umur 6 bulan beratnya menjadi 8 - 9 kg, namun sekarang mungkin massa tubuhmu sekitar 30 kg. Selain itu, tinggi badan dan volume tubuh kita juga bertambah. Pertumbuhan pada manusia dan hewan ada batasnya. Setelah mencapai usia tertentu, manusia dan hewan tidak tumbuh lagi.

 

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Pertumbuhan diikuti dengan proses perkembangan, yaitu proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan atau kesempurnaan. Contoh perkembangan adalah perubahan susunan dan fungsi organ-organ tubuh. Pada tingkat seluler, perkembangan dapat berupa diferensiasi sel-sel yang baru membelah membentuk jaringan yang menyusun organ tertentu. Pada tumbuhan perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah. Sedang pada hewan dan manusia ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan.

 

Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. Pertumbuhan dan perkembangan membawa manusia kepada kedewasaan. Setelah dewasa, manusia dapat menghasilkan keturunan sehingga populasi manusia akan terjaga kelestariannya. Namun demikian, tidak seperti pada makhluk hidup lainnya, pada manusia perkembangan bukan hanya berhubungan dengan masalah kemampuan berkembang biak (reproduksi), namun juga banyak aspek lainnya, misalnya: perkembangan kejiwaan, kemampuan berpikir, dan kemampuan emosional dari usia bayi, anak-anak, dewasa sampai menjadi tua. Dapatkah kamu menemukan perubahan apa sajakah yang terjadi pada dirimu dari bayi hingga saat ini?

 

 

Panduan Bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi juga dengan latihan, tes akhir dan forum berdiskusi yang tentunya rekan- rekan guru harus dapat memberikan tugas untuk berdiskusi pada siswanya, dan memberikan umpan balik kegiatan siswa melalui forum diskusi yang ada di rumah belajar pada bagian akhir modul ini. Guru dapat membuat RPP yang disediakan yang ada di rumah belajar untuk disesuaikan dengan lingkungan masing-masing.

 

 

Panduan Bagi Siswa

Para siswa, modul ini dapat kamu pelajari sebagai salah satu sumber belajar. Sebelum mempelajari modul ini, kamu diminta untuk mengisi kuis interaktif. Pada setiap kegiatan belajar kamu akan mengerjakan latihan interaktif, dan di akhir kegiatan juga terdapat tes akhir modul yang dapat kamu kerjakan untuk mengukur tingkat pemahaman kamu terhadap materi yang telah dipelajari. Pada bagian penutup, kamu dapat mengirimkan pertanyaan, atau memberi masukan tentang materi ini. Kamu juga dapat memberikan komentar, dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia, melalui halaman forum diskusi yang tersedia di portal rumah belajar. Selamat Belajar….