Pasar Klewer

SINOPSIS

SINOPSIS

Peta Surakarta dan Pasar Klewer dan tempat-tempat di sekitarnya secara animasi

1. Peta Surakarta beserta beberapa kecamatannya

|.

Peta Pasar Klewer

2. Pasar Klewer beserta tempat-tempat lain yang membatasinya

Peta Lokasi Pasar Klewer Pasar Klewer terletak di Kelurahan Gajahan Kecamatan Pasar Kliwon, berhimpitan dengan tembok Keraton Kasunanan Surakarta dan berseberangan dengan Masjid Agung Surakarta, Jawa Tengah

 

|.

Pedagang yang menjuntaikan dagangannya sehingga disebut “klewer”an dalam Istilah Jawa

 

PASAR KLEWER

PASAR KLEWER

Mau tahu mengenai Pasar Klewer yang ada di Jawa Tengah? Ayo teman-teman, Ikuti saya!

PENGANTAR

PENGANTAR

Bagaimana sih awalnya kok disebut sebagai Pasar Klewer? Apakah istilah itu asing didengar ? Mau tahu? Ayo! Simak baik-baik ya….

Pasar Klewer awalnya sebagai tempat pemberhentian kereta, namun masyarakatpun memanfaatkannya untuk menjual berbagai macam barang dagangan kepada para penumpang, hingga dikenal sebagai Pasar Slompretan karena keterkaitannya dengan slompret (terompet) kereta api saat itu.

|.

Oh…. Ternyata istilah Klewer itu berasal dari istilah atau bahasa Jawa, tapi apa artinya? Yuk!Kita cari tahu…..

Pasar Klewer awalnya sebagai tempat pemberhentian kereta, namun masyarakatpun memanfaatkannya untuk menjual berbagai macam barang dagangan kepada para penumpang, hingga dikenal sebagai Pasar Slompretan karena keterkaitannya dengan slompret (terompet) kereta api saat itu.

|.

Pasar Klewer banyak dikunjungi masyarakat untuk berbelanja hingga dibutuhkan tempat yang lebih besar, maka Presiden RI I meresmikan pembangunannya

Mulai tahun 1968 mulailah dibangun pasar yang lebih representatif dengan rancangan arsitektur yang disesuaikan dengan kota solo.  Kemudian pada tahun 1970 Presiden ke- dua Indonesia yaitu Presiden Soeharto meresmikan pasar ini sebagai pusat grosir sandang terbesar yang terletak di Jawa Tengah. Tidak hanya itu, kota Solo yang menjadi pusat industri kerajinan batik juga menyokong pasar ini menjadi pusat kulakan batik terbesar di area Jawa Tengah.

ISI

Teman-teman, apakah Pasar Klewer yang saat ini kita tahu sudah ada sejak dahulu? Atau berawal dari tempat yang lain? Masih penasaran? Ayo! Simak baik-baik, kita cari tahu….

Menurut cerita, jaman penjajahan dulu, sebelum menjadi pasar, tempat ini berfungsi sebagai tempat pemberhentian kereta.

Masyarakat pun memanfaatkannya sebagai tempat untuk menjual berbagai macam produk kepada para penumpang, diantaranya kain batik.

|.

Teman, katanya ada hubungan Pasar Slompretan dan Pasar Klewer, apa ya

Disebut Slopmpretan karena berhubungan dengan terompet sebagai tanda kereta datang atau berhenti.

Saat disatukan dengan Pasar Slompretan yang biasanya menjajakan burung, namun Pasar Klewer menjajakan sandang yaitu kain khususnya batik. Akhirnya Pasar Klewer lebih popular disebanding Pasar Slompretan.

|.

Teman-teman, Pasar Klewer dibangun dengan megah dan terdapat ribuan kios di dalamnya. Presiden RI pertama yang meresmikannya.

Hingga pada tahun 1970 pembangunan besar-besaran dilakukan pasar ini dibangun menjadi sebuah bangunan permanen berlantai dua yang cukup luas.

Pembeli juga akan lebih leluasa berbelanja karena pasar dengan lebih dari dua ribu unit kios ini memiliki tangga-tangga yang cukup luas sehingga tidak ada kesan berdesak-desakan.Setelah selesai, bangunan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.

|.

Hhhhmmmmm…. Siapa yang tidak suka dengan makanan dan minuman, pasti semua suka!Apalagi menunya khas sekali dengan kekayaan kuliner Indonesia, asli! Yuk kita cicipi….

Tidak hanya para pedagang batik, di sekitar Pasar Klewer juga terdapat berbagai kuliner yang menggoda selera, nasi pecel, nasi liwet, tengkleng, timlo, es dawet es gempol dan jenis makanan dan minuman lainnya siapmenjadi penawar dahaga dan masih banyak lagi kekayaan kuliner yang ada di sekitar Pasar Klewer yang dapat dinikmati.

PENUTUP

PENUTUP

Sejak dahulu, Zaman penjajahan Belanda dan hingga kini, Pasar Klewer tetap menjadi idola dan banyak dikunjungi turis dari berbagai Negara. Bangga menjadi bangsa Indonesia yang mempunyai tempat yang bersejarah seperti Pasar Klewer

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah Pasar Klewer, geliatnya sejak zaman dahulu terus dan makin memancar hingga mancanegara

Jika bukan kita sebagai bangsa Indonesia, siapa lagi yang akan mencintai Produksi Dalam Negeri. Teksil dan khsusnya batik menjadi ikon atau identitas Bangsa.