Museum Wayang

Wayang Dikenal dengan sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun, Museum Wayang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain.

Wayang-wayang dari luar negri ada juga disini, misalnya dari Republik Rakyat Cina dan Kamboja. Hingga kini Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4.000 buah wayang terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Umumnya boneka yang di koleksi di museum ini adalah boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia. Selain itu secara periodik diselenggarakan juga pagelaran wayang pada minggu 2 dan ke-3 setiap bulannya. dunia yang patut dilestarikan. Berbagai koleksi tersebut diperlukan untuk mengenalkan budaya kepada peserta didik khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pada tanggal 7 November 2003, PBB memutuskan mengakui wayang indonesia sebagai warisan dunia yang patut dilestarikan. Berbagai koleksi tersebut diperlukan untuk mengenalkan budaya kepada peserta didik khususnya dan masyarakat pada umumnya.   


   


Belum ada komentar

Silahkan Masuk untuk mengirimkan komentar
Silahkan Masuk untuk Bahan Teori
Silahkan Masuk untuk Download Bahan LKS
Silahkan Masuk untuk Download Peta Budaya

Konten Peta Budaya Terbaru

Keluar ?

Apakah Anda yakin ingin keluar?

Tekan Tidak jika Anda masih mau melanjutkan. Tekan Ya jika Anda mau keluar.