Arca Prajnaparamita

 Salah satu masterpiece koleksi benda cagar budaya yang dimiliki Museum Nasional Indonesia adalah Arca Prajnyaparamita atau lengkapnya Arca Dewi Prajnyaparamita dan dikenal sebagai Ken Dedes, istri Ken Arok Raja Singasari. Arca Prajnyaparamita merupakan koleksi langka milik negara merupakan karya adiluhur dan bercirikan khusus, karena dikerjakan dengan kemahiran seni pahat yang tinggi yang merupakan ciri seni arca khas Singasari. Sebagai salah satu cagar budaya Nasional, Arca Dewi Prajnyaparamita layak untuk Anda ketahui sebagai upaya menjaga kelestarian salah satu warisan luhur Budaya Nasional.

Arca Dewi Prajnyaparamita merupakan salah satu masterpiece koleksi benda cagar budaya yang dimiliki Museum Nasional Indonesia. Arca Prajnyaparamita sering dikaitkan dengan tokoh Ken Dedes yang terkenal dengan kecantikannya dan merupakan istri dari Ken Arok, Raja Singasari.

Arca Prajnyaparamita merupakan koleksi langka milik negara merupakan karya adiluhur dan bercirikan khusus, karena dikerjakan dengan kemahiran seni pahat yang tinggi yang merupakan ciri seni arca khas Singasari. Arca Dewi Prajnyaparamita yang tercatat sebagai koleksi Museum Nasional dengan nomer inventaris 17774 telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya Peringkat Nasional melalui SK Kemendikbud RI Nomor 251/M/2013 tanggal 27 Desember 2013. 


   


Belum ada komentar

Silahkan Masuk untuk mengirimkan komentar
Silahkan Masuk untuk Bahan Teori
Silahkan Masuk untuk Download Bahan LKS
Silahkan Masuk untuk Download Peta Budaya

Konten Peta Budaya Terbaru

Keluar ?

Apakah Anda yakin ingin keluar?

Tekan Tidak jika Anda masih mau melanjutkan. Tekan Ya jika Anda mau keluar.