Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyanadalah salah satu sentra batik yang cukup terkenal  di kota solo. Namun, Kampung Laweyan bukan sekedar sebuah sentra batik biasa, kampung ini tentunya memiliki banyak sekali sejarah, sehingga menjadi icon batik solo.

Kampung Batik  Laweyan adalah salah satu daerah wisata yang sengaja di sediakan oleh pemerintah kota solo untuk mengundang para wisatawan yang ingin mengenal batik, khususnya batik di solo.

Batik merupakan hasil karya seni tradisional yang banyak ditekuni masyarakat Laweyan. Sejak abad ke-19 kampung ini sudah dikenal sebagai kampung batik, dan hingga sampai masa kejayaan di  era tahun 70-an. Banyak pengrajin dan produksi batik rumahan  yang berhasil mengangkat nama kota Solo sebagai “pabrik” batik Indonesia yang bagus.
Kampung Laweyan didesain dengan konsep terpadu, dengan memafaatkan lahan seluas kurang lebih 24 hektar yang terdiri dari 3 blok.

Hampir semua warga di Kampung Laweyan ini merupakan pengrajin batik, yang menjual berbagai motif batik. Pangsa pasar mereka pun selain pasar domestik di dalam Kampung Laweyan, mereka pun mampu memasarkan batiknya hingga keluar negeri. 


   


Belum ada komentar

Silahkan Masuk untuk mengirimkan komentar
Silahkan Masuk untuk Bahan Teori
Silahkan Masuk untuk Download Bahan LKS
Silahkan Masuk untuk Download Peta Budaya

Konten Peta Budaya Terbaru

Keluar ?

Apakah Anda yakin ingin keluar?

Tekan Tidak jika Anda masih mau melanjutkan. Tekan Ya jika Anda mau keluar.